Apresiasi Pemerintah Pusat, Bank Sumut Kembali Dipercaya Salurkan Dana PEN

Manajemen Bank Sumut

topmetro.news – PT Bank Sumut resmi kembali dapat kepercayaan pemerintah menjadi salah satu Bank Pembangunan Daerah (BPD) yang menerima penempatan dana Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) sebesar Rp1 triliun.

Dana PEN ini bersumber dari Kementerian Keuangan RI. Di mana PT Bank Sumut sudah menerima penempatan dana tersebut pada Hari Kamis 8 April 2021.

Sebelumnya PT Bank Sumut telah sukses menyalurkan dana Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) untuk penerimaan sejak Oktober tahun lalu.

Corporate Secretary Bank Sumut Syahdan Ridwan Siregar mengatakan, bahwa penunjukan Bank Sumut untuk penempatan kembali dana PEN merupakan apresiasi atas dipercayanya Bank Sumut untuk menyalurkan kredit dengan program-program kredit yang produktif pada periode sebelumya.

Prioritas Dana PEN

Syahdan kemudian menyampaikan, terkait penyaluran dana PEN tersebut, Bank Sumut memprioritaskan berbagai sektor produktif. Dengan harapan dapat menggerakkan roda perekonomian di Sumatra Utara (Sumut). Sekaligus menciptakan peluang-peluang usaha terutama di masa pandemi ini.

“Dari penempatan dana PEN sebelumnya tercatat realisasi penyaluran Bank Sumut per 5 April 2021 sebesar Rp2.2 triliun. Dengan jumlah debitur 20.389. Dan ini melebihi target yang diberikan pemerintah yaitu Rp1 triliun dengan leverage 2x sebesar Rp2 triliun,” katanya

Ada pun alokasi dana PEN akan terfokus untuk segmen bisnis mikro KUR dan UMKM. Sama seperti penempatan dana sebelumya, penempatan dana PEN tidak boleh bagi perbankan termasuk Bank Sumut, untuk pengalokasian pada pembelian surat berharga negara. Termasuk transaksi valuta asing.

penulis | Erris JN

Related posts

Leave a Comment